Rabu, 13 Februari 2013

Indonesia 2012, World Stamp Championship



18 – 24 Juni 2012
JCC - Senayan, Jakarta



Sebagai filatelis sejati, wajib, kudu, harus, fardu ‘ain ke event yang satu ini. Hajatnya beberapa kementerian yang bersinergi dengan PT. POS. Dan yang bikin tambah excited kesana, diikuti oleh beberapa negara.

Pas sampai disana, selain booth-booth perangko dari mancanegara, ada juga produk-produk UKM dan uhuuuy ada stand belajar membatik gratis. Langsung coba, bikin pola dan tulis canting ke kain tapi walaaah ga karuan bentuknya. Ternyata membatik ga gampang, si mbak yang ngajarin saya aja butuh waktu beberapa tahun (ya iyaaalaah....wong saya baru kali itu nyoba mosok langsung canggih).

Setelah puas mantengin booth UKM satu persatu, akhirnya ngiderin booth dari negara-negara lain yang menjual perangko dari yang termurah, termahal, terlangka, tertua, terbaru dan ter-ter lainnya. Tapi jangan lupa ambil dulu “Philatelic Passport” di bagian informasi (gratis lagi). Langsung beli perangko dari negara yang dipilih dan minta distempel. Ada Banglagesh, Cuba, India, New Zealand, Thailand, dll (kira-kira ada 60 negara yang ikut berpartisipasi).

Sayangnya ada insiden yang sangat tidak mengenakkan, uang peserta dari Korea Utara hilang beserta pasport dan identitas diri lainnya. Di CCTV pun hanya terlihat tangan yang mengambil tas partisipan dari negara yang berseberang dengan Korea Selatan itu. Saat saya kesana, boothnya sudah kosong (kejadiannya satu hari sebelum saya datang). Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi yang bisa membuat nama Indonesia tercoreng di luar sana.
Terlepas dari itu ada hal yang cukup membanggakan, ada seniman (mo kenalan, si bapak lagi diwawancara, jd ga tau deh namanya) yang  membuat lukisan dari perangko, salah satunya lukisan Ratu Elizabeth dan mendapatkan penghargaan dari MURI.

Bravo....tahun depan moga-moga ada lagi karena belum sempat cap perangko pake stempel jadul (antriannya yang panjang, membuat hati enggan) dan tak jadi membeli Chocodot edisi perangko (sayang duitnya...soalnya mo langsung ke pameran buku).

NB : Sebelum ke pameran filateli, ternyata ada event dari salah satu produk shampo terkemuka daaaannnn pas Alexa lagi manggung. Wah...wah....kapan lagi nonton live tapi yang nonton sedikit. Lanjuuuttt...."Jangan kau...jangan pernah......"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar